(BUKU) Kelekak Sejarah Bangka

BAHAGIA,
Kurang lebih, perasaan semacam itu yang pastinya dirasakan oleh pecinta dan penikmat sejarah, khususnya sejarah Bangka, atas hadirnya buku ini.

Diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Bangka, buku ini memuat 28 artikel dari 383 halaman yang pasti kesemuanya sarat akan informasi.
Dikelompokkan menjadi 6 tema besar, bercerita tentang Geografis, Islamisasi, Pendidikan, Penambangan, Budaya dan Biografi.

Tentang Depati Amir, Prof. Dien Madjid, Guru Besar sejarah pada UIN Syarif Hidatullah berkisah bagaimana perjuangan dan pengikut Sang Depati.
Kupasan tentang strategi kolonial untuk melemahkan kekuatan “Robin Hood” Bangka ini beserta aksi spionasenya, menarik sekali untuk disimak.
Tak sembarang menulis, Sang Guru Besar ini memperkuat data hingga ke Leiden Negeri Belanda.

Akhmad Elvian, Sejarawan Bangka yang kini menjabat Kepala Dinas Budparpora Pangkalpinang bertutur mengenai Distrik Soengy-Leat en Marawang  dan keberadaan orang-orang Tionghoa yang sudah ada sejak lama.
Dibuktikan dengan ditemukannya  makam Oen Chi Phin yang kemungkinan dikebumikan pada tahun 1773M.

Kita juga akan diajak bernostalgia sambil mempelajari sejarah Toboali oleh sdr.Wahyudi beserta Serba Serbi Dari Toboali yang ditulis oleh Tarmizi Jemain, S.Ip.

Dari tulisan Agustijanto Indradjaja kita akan dibawa untuk melihat Pelabuhan kuno di Situs Kota kapur yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 5-7 Masehi.
Bahkan sampel ijuk yang digunakan untuk mengikat tiang-tiang kayu didermaga itu, diperkirakan berasal dari abad ke 3 Masehi.

Ada juga Hikayat Desa Bukit Layang yang ditulis secara apik oleh Indra Ambalika Syari. Berkisah tentang Pengembara yang datang ke Bangka dan jatuh cinta pada  seorang wanita cantik yang ternyata kuntilanak 😀

Dan banyak lagi artikel lainnya yang dipaparkan oleh 30 orang penulis setelah melalui proses penyaringan yang dilakukan oleh sdr.Ali Usman, Teungku Sayid Deqy dan Chairuddin Sufian.

Akan kita jumpai cerita tentang Orang-orang Mapur, kisah tentang Atok Banjar dan kampong Petaling. Tentang Perguruan Setiabudi Sungailiat, Masalah Peradaban Kampung di Bangka dan lain-lain.

Sepenggal kisah tentang Bung Karno, Sejarah Gudang Hitam, Tentang Kelekak yang merupakan Kearifan lokal Masyarakat Melayu Tempo dulu dan cerita tentang kearifan Sosial-Budaya Orang Lom, semua terangkum dalam satu buku ini “Kelekak Sejarah Bangka”

Comments

comments

About Alvin Azra 19 Articles
Hanya orang biasa, yang menggugat diri sendiri karena malu atas minimnya pengetahuan tentang Sejarah, Adat dan Budaya daerahnya. Rutin melakukan #JelajahBangka untuk belajar guna meng-upgrade pengetahuan terhadap hal-hal tadi. Hasilnya ditulis dan dipublish di www.JelajahBangka.com. Dapat dihubungi melalui alvinazra@jelajahbangka.com

3 Comments

  1. You’ve got interesting content here, your website
    can go viral easily. You can “force” your visitors to share your articles on social websites using one sneaky trick, just search in google for; fejlando’s tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.